Materi dan Pembelajaran PAI Tegal Timur

Materi dan Pembelajaran PAI Tegal Timur
Materi Pembelajaran PAI

RPP- ASMAUL HUSNA - AS-SALAM

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                                :SDN Mangkukusuman 3

Mata Pelajaran                   : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                   : II/2 (Genap)

Materi Pokok                      : Asmaul Husna: As-Salam

Alokasi Waktu                    : 4 x 35 menit ( 1 pertemuan )

 

A. Kompetensi Inti

     KI-1Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya

     KI-2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru

     KI-3Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

    KI-4            Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang jelasdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia

 

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

NO.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1.

1.5Menerima adanya Allah Swt. Yang MahaSuci, Maha Pemberi Keselamatan, danMaha Pencipta

 

2.

2.5 Menunjukkan perilaku rendah hati,damai, dan bersyukur sebagaiimplementasi dari pemahaman maknaal-Asmaul al-Husna: al-Quddus, as-Salam,danal-Khaliq

 

3.

3.5 Memahami maknaAsmaul al-Husna: as-Salam

3.5.1 Menjelaskan arti As-Salam

3.5.2 Mengungkapkan dua bukti

        bahwa Allah mempunyai sifat

        As-Salam

3.5.3 Menyebutkan contoh meneladani sifat Allah SWT As-Salam.

4.

4.5 Melafalkan al-Asmaul al-Husna : As-Salam

4.5.1 Mendemonstrasikan pelafalan Asmaul Husna : As-Salam dan maknanya

 

C. Tujuan Pembelajaran

Melalui tanya jawab, latihan, dan diskusi, peserta didik mampu:     

     1. Menyebutkan arti As-Salamdengantepat

     2. Mengungkapkan dua bukti Allah bersifat As-Salamdenganbenar.

     3. Menjelaskan contoh meneladani sifat Allah SWT As-Salamdenganbenar.

     4. Mendemonstrasikan pelafalan As-Salamdenganbenar.

 

D. Materi Pembelajaran

 

Asmaul Husna : As-Salam

 

-          Asmaul Husna adalah nama-nama Allah SWT yang baik dan indah.

-          Jumlah Asmaul Husna ada 99 diantaranya yaitu As-Salam.

-          As-Salam artinya Allah Maha Pemberi Keselamatan.

-          Allah SWT. menyelamatkan setiap hamba-Nya dari berbagai kesulitan.

-          Keselamatan hanyalah milik Allah. Jadi hanya Allahlah yang dapat memberi keselamatan.

-          Sebagai bukti Allah SWT. memiliki sifat As-Salam yaitu Allah SWT. menyelamatkan seseorang yang terkena bencana dan musibah, Allah SWT. menyelamatkan seseorang yang sedang dalam marah bahaya, dan Allah SWT.-lah sebagai penyelamat kita di dunia dan di akherat.

-          Kita sebagai hamba-Nya harus selalu memohon dan berdo’a hanya kepada Allah SWT., agar kita selalu diberi keselamatan dan dijauhkan dari perbuatan tercela orang lain, dijauhkan dari orang-orang jahat, dijauhkan dari sifat malas belajar, dan agar kita selalu dijauhkan dari segala macam bencana dan musibah. Termasuk musibah wabah ini yaitu covid 19.

-          Kita harus bisa meneladani sifat Allah SWT As-Salam ( Yang Maha Pemberi Keselamatan ) dengan cara : senang membantu orang lain yang sedang kesulitan, menyelamatkan orang lain yang terkena musibah.

-          Kita harus selalu ingat dan memohon hanya kepada Allah SWT.

-          Mengingat Allah SWT. dengan cara shalat, berdo’a dan berzikir.

Shalat, tadarus al-Qur’an, Do’a dan zikir akan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

-          Semakin kita dekat dengan Allah SWT, akan semakin menyelamatkan diri kita baik di dunia maupun di akherat.

 

 

E. Metode Pembelajaran

Kooperatifteknik TGT

 

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1. Media:

    Multimedia interaktif, Gambar/poster

2. Alat:

CD, proyektor, laptop, televisi, vcd player, layar

3. Sumber Pembelajaran:

a.       Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SD/MI Kls II.

b.      Asmaul Husna, Umar Sulaiman Al-Asyqar, Jakarta: Qisthi Press, 2004.

c.       Kisah dan  Makna 99 Asmaul Husna untuk Anak

 

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

No.

Kegiatan

Waktu

1.

Pendahuluan

a.    Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’abersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;

b.    Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’ansurahpendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);

c.    Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadirandan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;

d.   Mengajukan pertanyaan secara komunikatifberkaitan dengan materi As-Salam;

e.    Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;

f.     Menyampaikantahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mencermati, menirukan, danmenyebutkan As-Salambeserta artinya secara berulang-ulang dengan benar.

g.    Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/whiteboard, gambar, jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).

 

20 menit

2.

Kegiatan Inti

a. Mengamati

    1. Menyimak tayangan interaktif asmaul husna As-Salam

    2. Memperhatikan gambar dua bukti As-Salam

    3. Mencermati pelafalan As-Salam dan maknanya

b. Menanya

Menanyakan tentang tayangan, gambar bukti As-Salam, dan pelafalan As-Salam serta maknanya

c. Mengeksperimen/Mengeksplorasi

1.    Guru menyebutkan lafal As-Salam dan maknanya secara berurutan dan berulang. Peserta didik secara individual maupun klasikal menirukannya secara berulang.

2.    Secara acak guru menunjuk peserta didik lafal As-Salam dan maknanya.

3.    Guru memberikan penguatan penyebutan lafal As-Salam dan maknanya secara lengkap.

4.    Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok.Tiap kelompokmendiskusikan gambar bukti As-Salam, meneladani sifat Allah SWT As-Salam, dan secara berpasangan saling mendemonstrasikan kata As-Salam dan maknanya.

5.    Guru menunjuk perwakilan dari setiap pasangan maupun kelompok untuk menyebutkan lafal As-Salam dan maknanya, sementara pasangan atau kelompok lain mencermati dan memberikan penguatan.

d. Mengasosiasi

1.    Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang Allah itu As-Salam

2.    Mengidentifikasi bukti bahwa Allah itu As-Salam

e. Mengkomunikasikan

1.    Menyampaikan hasil diskusi tentang As-Salam secara kelompok

2.    Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)

 

100 menit

3.

Penutup

a.    Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

b.    Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;

c.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok;

d.   Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

 

20 menit

 

 

H. Penilaian

     1. Sikap spiritual (observasi)

a.         Jenis Penilaian                  : Non Tes

b.         Teknik Penilaian               : Penilaian diri

c.         Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian diri

d.        Kisi-kisi                            :

No.

Sikap/nilai

Butir Instrumen

1.

Keyakinan akan Allah sebagai Maha Pencipta

Terlampir

2.  

Mengucapkan kalimat subhanallah sebagai respon atas kekuasaan Allah yang telah menciptakan alam dan segala isinya

Terlampir

Instrumen: Terlampir

 

      2. Sikap sosial (observasi)

a.    Jenis Penilaian        : Non Tes

b.      Teknik Penilaian   : Penilaian Antar Teman

c.      Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian

d.     Kisi-kisi:

 

 

No.

Sikap/nilai

Butir Instrumen

  1.  

Kerjasama

Terlampir

  1.  

Kekompakkan

Terlampir

  1.  

Tanggungjawab bersama

Terlampir

  1.  

Inisiatif

Terlampir

  1.  

Disiplin

Terlampir

Instrumen: Terlampir

 

         3. Pengetahuan

                            a.     Jenis Penilaian      : Tes

                           b.     Teknik Penilaian   : Tes Lisan

                            c.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian tes lisan

                           d.     Kisi-kisi                :

No.

Indikator

Butir Instrumen

1.

Menyebutkan arti As-Salam

Sebutkan arti As-Salam!

2.

Mengungkapkan dua bukti bahwa Allah mempunyai sifat As-Salam

 

Ungkapkan dua bukti bahwa Allah mempunyai sifat As-Salam!

3.

Menjelaskan contoh meneladani sifat Allah SWT As-Salam

Jelaskan contoh meneladani sifat Allah SWT As-Salam!

Instrumen: Terlampir

 

      4. Keterampilan

a.    Jenis Penilaian        : Tes

b.    Teknik Penilaian     : Kinerja

c.    Bentuk Instrumen   : Lembar penilaian kinerja

d.   Kisi-kisi                  :

No.

Indikator

Butir Instrumen

1

Mendemonstrasikan pelafalan contoh meneladani sifat Allah SWT As-Salam dan maknanya

Lafalkan Sifat Allah SWT. As-Salam dan maknanya !

Instrumen: Terlampir

 

 

      5. Tugas

·      Mengisi rubrik tugas kelompok tentang melafalkan contoh meneladani sifat Allah SWT As-Salam dan maknanya

     Instrumen: Terlampir

 

      6. Portofolio

·      Membuat paparan tentang kegiatan dalam melafalkan contoh meneladani sifat Allah SWT As-Salam dan maknanya

 

 

LAMPIRAN-LAMPIRAN:

Lampiran 1     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)

Nama Siswa

Kelas / Semester

:

:

..........................................

II / Ganjil

Teknik Penilaian

:

Penilaian diri.

Penilai

:

Guru

 

NO.

PERNYATAAN

PILIHAN JAWABAN

SKOR

 

Sangat Setuju

Setuju

Ragu-Ragu

Tidak Setuju

 

1

Bumi, langit dan segala isinya diciptakan oleh Allah

 

 

 

 

 

 

2

Setiap melihat pemandangan bumi dan langit yang indah sebagai ciptaan Allah, kita mengucapkan subhanallah

 

 

 

 

 

 

JUMLAH SKOR

 

 

 

 

 

 

KETERANGAN

NILAI

NILAI AKHIR

 

Sangat Setuju

Setuju

Ragu-Ragu

Tidak Setuju

= Skor 4

= Skor 3

= Skor 2

= Skor 1

Skor yang diperoleh

------------------------- X  100  = ...                                      

Skor maksimal

 

 

 

CATATAN: 

..............................................................................................................................................

 

 

 

Lampiran 2     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)

Nama Siswa yang dinilai

Kelas / Semester

:

:

..........................................

II/ Ganjil

Teknik Penilaian

:

Penilaian antar teman .

Petunjuk:

a.       Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang

b.      Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain

c.       Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik

NO.

PERNYATAAN

PILIHAN JAWABAN

SKOR

 

MK

MB

MT

BT

 

1

Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok

 

 

 

 

 

 

2

Memperlihatkan adanya kekompokkan antar anggota kelompok.

 

 

 

 

 

 

3

Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.

 

 

 

 

 

 

4

Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.

 

 

 

 

 

 

5

Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.

 

 

 

 

 

 

JUMLAH SKOR

 

 

 

 

 

 

KETERANGAN

NILAI

NILAI AKHIR

 

MK

MB

MT

BT

= Skor 4

= Skor 3

= Skor 2

= Skor 1

Skor yang diperoleh

------------------------- X  100  =  ...                                     

Skormaksimal

 

 

 

CATATAN: 

MK =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).

MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).

MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).

BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).

 

 

 

Lampiran 3     : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)

 

Kelas / Semester

:

 

II / Genap

Kompetensi Dasar

:

 

3.5         Memahami makna al-Asmaul al-Husna As-Salam

Indikator

:

 

3.5.1 Menjelaskan arti As-Salam

3.5.2 Mengungkapkan dua bukti bahwa Allah  mempunyai sifat As-Salam

3.5.3 Menjelaskan contoh meneladani sifat Allah As-Salam

Teknik Penilaian

:

 

Lisan

Penilai

:

 

Guru

 

No.

Indikator

 

Instrumen

1.

Menjelaskan arti As-Salam

 

Apakaharti As-Salam?

2.

Mengungkapkan dua bukti bahwa Allah mempunyai sifat As-Salam

 

 

Ungkapkan dua bukti bahwa Allah mempunyai sifat As-Salam!

3.

Menjelaskan contoh meneladani sifat Allah As-Salam

 

Jelaskan contoh meneladani sifat Allah As-Salam !

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN

No.

Kompetensi

Kriteria

Skor

Sangat Lancar

Lancar

Sedang

Kurang Lancar

Tidak Lancar

1.

Menyebutkan arti As-Salam

 

 

 

 

 

 

2.

Mengungkapkan dua bukti bahwa Allah mempunyai sifat As-Salam

 

 

 

 

 

 

3.

Menjelaskan contoh meneladani sifat Allah As-Salam

 

 

 

 

 

 

 

JUMLAH SKOR

 

 

 

 

 

 

KETERANGAN

NILAI

 

NILAI AKHIR

Sangat Lancar

Lancar

Sedang

Kurang Lancar

TidakLancar

= Skor 5

= Skor 4

= Skor 3

= Skor 2

= Skor 1

Skor yang diperoleh

------------------ X  100  =   ---------                                     

Skor maksimal

 

 

Catatan kriteria:

a.       Sangat lancar:   Apabila peserta didik dapat melafalkan As-Salam dan maknanya

dengan lancar.

b.      Lancar          :   Apabila peserta didik dapat melafalkan As-Salam dan maknanya

dengan lancar, akan tetapi kurang fasih.

c.       Sedang         :   Apabila peserta didik dapat melafalkan As-Salam dan maknanya

dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan dalam maknanya

d.      Kurang lancar:  Apabila peserta didik dapat melafalkan As-Salam dan maknanya

dengan kurang lancar

e.       Tidak lancar :Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan As-Salam dan

maknanya

Lampiran 4     : Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)

 

Kelas / Semester

:

 

II / Genap

Kompetensi Dasar

:

 

4.5 Melafalkan Asmaul Husna: As-Salam dan maknanya

Indikator

:

 

4.5.1 Mendemonstrasikan pelafalan As-Salam dan maknanya

Teknik Penilaian

:

 

kinerja

Penilai

:

 

Guru

No.

Indikator

 

Instrumen

1.

Mendemonstrasikan pelafalan As-Salam dan maknanya

 

Lafalkan kata As-Salam dan maknanya dengan benar !

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN

No.

Kompetensi

Kriteria

Skor

Sangat Lancar

Lancar

Sedang

Kurang Lancar

Tidak Lancar

1.

Mendemonstrasikan pelafalan As-Salam dan maknanya

 

 

 

 

 

 

JUMLAH SKOR

 

 

 

 

 

 

KETERANGAN

NILAI

 

NILAI AKHIR

Sangat Lancar

Lancar

Sedang

Kurang Lancar

TidakLancar

= Skor 5

= Skor 4

= Skor 3

= Skor 2

= Skor 1

Skor yang diperoleh

------------------ X  100  =   ---------                                      

Skor maksimal

 

 

Catatan kriteria:

1.     Sangat lancar         : Apabila peserta didik dapat melafalkan As-Salam dan  maknanya

dengan lancar.

2.     Lancar                   :  Apabila peserta didik dapat melafalkan As-Salam dan maknanya

dengan lancar, akan tetapi kurang fasih.

3.     Sedang                  :  Apabila peserta didik dapat melafalkan As-Salam dan maknanya

dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan dalam maknanya

4.     Kurang lancar       :  Apabila peserta didik dapat melafalkan As-Salam dan maknanya

dengan kurang lancar.

5. Tidak lancar:Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan As-Salam dan

                                      maknanya

 

 

 

 

 

Lampiran 5     : Instrumen Penilaian Tugas

Tugas Individu :

Beri tanda (V) di kolom sudah atau belum

No.

Uraian

Sudah

Belum

1.

Aku biasa melafalkan As-Salam dan maknanya

 

 

2.

Sebelum berdo’a, saya melafalkan As-Salam

 

 

3.

dst…..

 

 

 

Tugas kelompok: Bersama tujuh orang temanmu, lafalkan kata As-Salam dan

                             maknanya

 

Lampiran 6     : Instrumen Penilaian Portofolio

Kelas / Semester

:

 

II / Genap

Kompetensi Dasar

:

 

4.5 Melafalkan Asmaul Husna: As-Salam dan maknanya

Indikator

:

 

4.5.1 Mendemonstrasikan pelafalan As-Salam dan maknanya

Teknik Penilaian

:

 

Portofolio

Penilai

:

 

Guru dan Orang tua

No.

Kegiatan

Kriteria

Skor

Sangat Lancar

Lancar

Sedang

Kurang Lancar

Tidak Lancar

1.

Melafalkan Al-Khaliq dan maknanya dengan benar

 

 

 

 

 

 

2.

Dst ....

 

 

 

 

 

 

JUMLAH SKOR

 

 

 

 

 

 

KETERANGAN

NILAI

 

NILAI AKHIR

Sangat Lancar

Lancar

Sedang

Kurang Lancar

TidakLancar

= Skor 5

= Skor 4

= Skor 3

= Skor 2

= Skor 1

Skor yang diperoleh

------------------ X  100  =   ---------                                      

Skor maksimal

 

 

Catatan kriteria:

1. Sangat lancar           :  Apabila peserta didik dapat melafalkan As-Salam dan  maknanya

dengan lancar.

2. Lancar                   :   Apabila peserta didik dapat melafalkan As-Salam dan maknanya

dengan lancar, akan tetapi kurang fasih.

3. Sedang                  :   Apabila peserta didik dapat melafalkan As-Salam dan maknanya

dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan dalam maknanya

4. Kurang lancar        :  Apabila peserta didik dapat melafalkan As-Salam dan maknanya

dengan kurang lancar.

5. Tidak lancar:Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan As-Salam dan

                                      maknanya

Catatan Orang tua:

...................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................

 

Catatan Guru

...................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................

 

 

 

Mengetahui,

KepalaSDN Mangkukusuman 3

 

 

 

 

GEGAR WIJAYANTO, S. Pd

NIP. 19631111 198405 1 005

Tegal,        Januari 2021

 

Guru PAI dan BP

 

 

 

 

YUNI FERAWATI, S. Pd.I.

NIP. -

 

 

 

0 Response to "RPP- ASMAUL HUSNA - AS-SALAM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel