RPP KELAS V Q.S. AL-MAUN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : UPTD SPF SD
Negeri Panggung 11 Tegal
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : V (Lima) / 2
Materi Pokok : Mari
Belajar al-Qur'an Surat al-Ma’un
Alokasi Waktu : 3 x 4 JP (3 x Pertemuan)
Tanggal Pelaksanaan : …………………….
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR
KOMPETENSI
DASAR (KD) |
INDIKATOR |
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
tartīl. 2.1 Menunjukkan sikap kerjasama dan
peduli sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Maun. 3.1 Memahami makna Q.S. al-Maun dengan
benar. 4.1.1 Membaca Q.S. al-Maun dengan tartil. 4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.
al-Maun dengan benar. 4.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Maun
dengan lancar. |
§
Membaca Q.S.
al-Maun dengan tartil. §
Menunjukkan
sikap kerjasama dan peduli sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. al-Maun. §
Menjelaskan
makna Q.S. al-Maun dengan benar. §
Mengartikan kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Maun dengan benar. §
Membaca Q.S.
al-Maun dengan tartil. §
Menuliskan kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Maun dengan benar §
Menunjukkan
hafalan Q.S. al-Maun dengan lancar. |
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
v
Dengan memperhatikan tayangan video Q.S. al-Maun dan contoh
bacaan dari guru, peserta didik dapat membaca Q.S. al-Maun dengan tartil.
v
Dengan memperhatikan cara menulis surah yang benar dari guru,
peserta didik dapat menuliskan kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Maun.
v
Dengan menirukan bacaan dan cara menghafal dari guru serta
kolaborasi antar teman, peserta didik dapat menunjukkan hafalan Q.S. al-Maun.
v
Dengan
kolaborasi antar teman kelompok dalam menyebutkan ayat beserta artinya. Peserta
didik dapat mengartikan kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Maun dengan benar.
v
Dengan
kolaborasi antar teman kelompok dalam memahami arti dari Q.S. al-Maun, peserta
didik dapat menjelaskan
makna Q.S. al-Maun dengan benar.
v
Dengan
kolaborasi antar teman kelompok, peserta didik dapat menunjukkan sikap kerjasama dan peduli
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Maun.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
v Membaca, menulis dan menghafal Q.S. al-Maun
v Makna dan pengamalan Q.S. al-Maun
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Model : Cooperative Learning
Metode : Diskusi, Eksplorasi dan Tanya Jawab
F. MEDIA/ALAT DAN BAHAN
Media/alat : Laptop, LCD Proyektor,
Video bacaan Q.S. al-Maun
Bahan : Kertas, Penggaris,
Pensil, Spidol dan White board
Sumber
Belajar : Al-Qur’an dan Buku Juz ’Amma
Buku Guru Pendidikan Agama Islam & Budi
Pekerti Kelas V, Kemendikbud, Revisi
2017.
Buku Siswa
Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas V, Kemendikbud, Revisi 2017.
G. SUMBER
BELAJAR
v
Al-Qur’an dan Terjemahnya
v
Juz ’Amma
v
Buku Guru Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas
V, Kemendikbud, Revisi 2017.
v
Buku Siswa Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas V,
Kemendikbud, Revisi 2017.
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
a. Persiapan Pembelajaran dimulai dengan: 1)
Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius 2)
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran; 3)
Guru menyapa peserta didik; 4)
Guru mengajak peserta didik untuk tadarus bersama-sama
dilanjutkan dengan membaca Nadhom Asmaul’ husna. 5)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication b. Pelaksanaan Sebelum masuk pada
inti pembelajaran membaca, guru terlebih dahulu meminta
agar peserta didik mencermati video bacaan Q.S. al-Maun. Communication |
10 menit x 3 Pertemuan |
Inti |
A . Ayo Membaca Surat al-Ma’un 1) Untuk mengetahui sejauh mana
pengetahuan awal peserta didik, guru meminta beberapa peserta didik
mendemonstrasikan bacaan Q.S. al-Ma’un. Mandiri 2) Guru memberikan penguatan dengan
menyampaikan secara singkat bagaimana cara membaca Q.S. al-Ma’un
yang baik dan benar. Selanjutnya guru memberikan contoh bacaan yang
baik dan benar. Communication 3) Guru melafalkan secara berulang
huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta didik diminta untuk
menirukan pelafalan tersebut secara bersama. Selanjutnya ditunjuk beberapa
peserta didik untuk melafalkannya dengan benar. Integritas 4) Guru kembali memberikan contoh
bacaan Q.S. al-Ma’un yang benar. 5)
Peserta didik menirukan bacaan Q.S. al-Ma’un bersama-sama, selanjutnya ditunjuk
beberapa peserta didik untuk membacanya. Mandiri Sikap Kebiasaanku, guru memotivasi
peserta didik untuk melancarkan bacaan di antaranya dengan mendengarkan
bacaan Q.S. al-Ma’un yang benar dari video bacaan Q.S.
al-Maun.
Kemudian meminta agar menirukannya secara berulang. B. Ayo, Menghafal Surat al-Ma’un beserta artinya 1)
Guru melafalkan dengan cara menghafal Q.S. al-Ma’un dengan
suara jelas ayat satu sampai dengan dua, diikuti seluruh peserta didik,
sesekali meminta salah satu peserta didik untuk menghafalnya (lakukan
sebanyak dua sampai tiga kali). Creativity and Innovation 2)
Mengikuti langkah poin satu, diteruskan ayat tiga sampai
ayat empat, ayat lima sampai enam, dan ayat tujuh. 3)
Lakukan pola ayat satu sampai lima, (lakukan sebanyak
dua-tiga kali). 4)
Diteruskan pola ayat enam sampai tujuh, (lakukan sebanyak
dua-tiga kali). 5)
Pola terakhir ayat satu sampai dengan tujuh (satu surat
utuh) diawali gurunya, kemudian diikuti peserta didik (lakukan sebanyak
dua-tiga kali). Bila belum hafal juga, dapat
diulangi melalui cara yang sama dari langkah 1) s.d. 5). Bila sudah banyak
yang hafal secara individual, peserta didik mendemonstrasikan hafalannya. 6) Selanjutnya
agar peserta didik dapat menghafal arti dari ayat Q.S. al-Maun, Guru membagi
kedalam beberapa kelompok; 7)
Masing-masing kelompok membuat tulisan ayat Q.S.
al-Maun beserta artinya pada masing-masing kertas yang disediakan oleh guru. 8)
Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan
hasilnya dengan cara anggota kelompok menyebutkan ayat Q.S. al-Maun secara
acak dan anggota kelompok lainnya menyebutkan arti ayat tersebut dengan
benar. Kemudian bergantian dari masing-masing individu kelompok. Critical Thinking and
Problem Solving Sikap Kebiasaanku Peserta didik secara berpasangan (dengan
teman kelompok masing-masing) menghafal surat al-Ma’un beserta
artinya secara
bergantian. Collaboration C. Ayo, Menulis Surat al-Ma’un 1)
Guru menulis beberapa penggalan ayat Q.S. al-Ma’un pada
papan tulis atau melalui media lainnya. Kemudian memberikan garis pada
tulisan penggalan ayat tersebut untuk mengetahui posisi rangkaian
masing-masing hurufnya. Critical Thinking and
Problem Solving 2)
Pada saat yang bersamaan, peserta didik diminta untuk
mencermati cara penulisannya. 3)
Guru menunjuk peserta didik secara bergantian untuk
mempraktikkan penulisan beberapa penggalan ayat seperti yang sudah
dicontohkan. Gotong Royong 4)
Guru meminta agar semua peserta didik menyalin beberapa
penggalan ayat tersebut secara berulang pada buku tulis. Bila sudah banyak
yang mampu menulis secara individual, peserta didik diminta untuk menyalin Q.S.
al-Ma’un pada buku tulis masing-masing. Mandiri Sikap Kebiasaanku Pada bagian ini, peserta didik
diminta menyalin penggalan kata Q.S. al-Ma’un secara individual pada buku
tulis masing-masing. Mandiri D. Makna Kandungan Surat al-Ma’un 1)
Setiap kelompok yang sudah dibagi, diminta untuk membaca Q.S. al- Maun
dan mencermati artinya kembali. 2)
Peserta didik secara kelompok mendiskusikan mengapa surat
ini diawali dengan pertanyaan “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? 3)
Selanjutnya, secara berkelompok peserta didik mendiskusikan
sikap terpuji yang dapat diambil dari Q.S. al- Maun. Communication 4)
Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan
hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak serta memberikan tanggapan.
Critical Thinking and Problem Solving 5)
Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan
peserta didik tentang materi tersebut. Communication |
115 menit x 3 Pertemuan |
Penutup |
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) v
Melakukan
penilaian hasil belajar v
Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius |
15 menit x 3 Pertemuan |
I. PENILAIAN
A. Ayo Membaca Surat al-Ma’un
Guru melakukan penilaian
terhadap peserta didik dalam kegiatan individu membaca Q.S. al-Ma’un. Rubrik
Penilaian
Keterangan:
Lancar : Bacanya lancar, pengucapan
hurufnya tepat, panjang dan pendeknya benar.
Cukup lancar : Bacanya lancar sebagian, panjang pendek
bacaannya benar tetapi pengucapan hurufnya kurang sempurna.
Kurang lancar : Bacanya tersendat-sendat, panjang pendeknya
kurang sempurna.
Konversi dalam Bentuk
Angka
lancar = 3 dan skor yang
diperoleh 3/3 x 100 = 100
Cukup lancar = 2 dan skor yang diperoleh 2/3 x
100 = 67
Kurang lancar = 1 dan skor yang diperoleh 1/3 x
100 = 33
Catatan: perhatikan
panjang dan pendeknya bacaan
B. Ayo, Menghafal Surat al-Ma’un
Guru melakukan penilaian
terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menghafal Q.S. al-Ma’un.
Rubrik Penilaian
Keterangan:
Lancar : Hafalan lancar, pengucapan
hurufnya tepat, panjang dan pendeknya benar.
Cukup lancar : Hafalan lancar sebagian, panjang pendek
bacaannya benar tetapi pengucapan hurufnya kurang sempurna.
Kurang lancar : Hafalan tersendat-sendat, panjang
pendeknya kurang sempurna
Konversi dalam Bentuk
Angka
Lancar = 3 dan skor yang
diperoleh 3/3 x 100 = 100
Cukup Lancar = 2 dan skor yang diperoleh 2/3 x
100 = 67
Kurang Lancar = 1 dan skor yang diperoleh 1/3 x
100 = 33
C. Ayo, Menulis Surat al-Ma’un
Guru melakukan penilaian
terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menulis Q.S. al-Ma’un
Rubrik Penilaian
Keterangan:
Baik : Peletakan huruf dan harakatnya
tepat, tulisannya jelas.
Cukup Baik : Peletakan huruf dan harakatnya tepat tetapi
tulisannya kurang jelas.
Kurang Baik : Peletakan
huruf dan harakatnya tidak tepat, tulisannya kurang jelas
Konversi dalam Bentuk
Angka
Baik = 3 dan skor yang diperoleh
3/3 x 100 = 100
Cukup Baik = 2 dan skor yang diperoleh 2/3 x 100 = 67
Kurang Baik = 1 dan skor yang diperoleh 1/3 x 100 = 33
D. Makna Kandungan Surat al-Ma’un
Guru melakukan penilaian
terhadap peserta didik dalam kegiatan rutin peserta didik melalui rubrik
berikut.
Keterangan:
BT = Belum terlihat (apabila peserta
didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator).
MT = Mulai terlihat (apabila peserta
didik sudah memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator namun belum konsisten).
MB = Mulai berkembang (apabila peserta
didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam
indikator dan mulai konsisten).
MK = Membudaya (apabila peserta didik
terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara
konsisten).
Guru
melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam membaca, menghafal, menulis
dan mengetahui makna Q.S. al-Ma’un sebagai berikut.
• Tugas
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas.
Tugas ini terdiri atas sepuluh soal.
Masing-masing soal mempunyai bobot nilai 10, sehingga
total nilai keseluruhannya adalah 100.
1. Surat Al Maun tergolong surat Makiyah, Makiyah artinya
….
2. Ciri-ciri surat Makiyah adalah....
3. Surat al Maun merupakan surat ke .... dalam Al Qur'an
4. Nama surat Al Maun diambil dari kalimat pada ayat ke
….
5. Arti dari Al Maun adalah ….
6. Surat Al Maun berjumlah … ayat
7. Surat Al Maun ayat ke 5 adalah ….
8.
9.
10.Contoh dari hukum bacaan ikhfa hakiki adalah ....
Guru dapat membuat rubrik dan penskorannya
untuk masing-masing soal sama, yaitu sebagai berikut.
RUBRIK
PENILAIAN JUMLAH 10 SOAL
1.
BETUL
POINT 10
2.
BETUL
POINT 10
3.
BETUL
POINT 10
4.
BETUL
POINT 10
5.
BETUL
POINT 10
6.
BETUL
POINT 10
7.
BETUL
POINT 10
8.
BETUL
POINT 10
9.
BETUL
POINT 10
10. BETUL POINT 10
• Tugas Kelompok
Pada tugas ini guru dapat memberikan
penilaian melalui rubrik sebagai berikut.
Rubrik Penilaian
Keterangan:
Baik :
Hasil penyampaian runtun, relevan, dan jelas.
Cukup Baik : Hasil penjelasan runtun, relevan, namun kurang jelas.
Kurang Baik : Hasil penjelasan kurang runtun, kurang relevan, dan kurang jelas.
Konversi dalam Bentuk Angka
lancar = 3 dan skor yang diperoleh 3/3 x 100 = 100
Cukup Baik = 2 dan skor yang diperoleh 2/3 x 100 = 67
Kurang Baik = 1 dan skor yang diperoleh 1/3 x 100 = 33
Pengayaan
Bagi peserta didik yang telah
melampaui ketuntasan belajar atau KKM sebelum waktu yang telah ditentukan dapat
diberikan pengayaan melalui berbagai aktivitas, antara lain sebagai berikut:
·
Mendampingi temannya (tutor sebaya) melancarkan bacaan,
hafalan, dan tulisan Q.S. Al-Maun;
·
Belajar kelompok, yaitu sekelompok peserta yang memiliki minat
membaca, menulis, menghafal, dan mengetahui makna ayat-ayat atau surat-surat
al-Qur'an tertentu yang diberikan pembelajaran bersama pada jam-jam pelajaran
sekolah;
·
Belajar mandiri, yaitu secara mandiri peserta belajar mengenai
bacaan, tulisan, hafalan, atau pengetahuan tentang ayat-ayat atau surat-surat al-Qur'an
yang diminati.
Pembelajaran berbasis tema, yaitu
memadukan beberapa konten ayat-ayat atau surat-surat al-Qur'an pada tema
tertentu sehingga peserta didik dapat mempelajari hubungan antara ayat-ayat
atau surat-surat al-Qur'an.
Pemadatan kurikulum, yaitu pemberian
pembelajaran hanya untuk kompetensi/materi yang belum diketahui peserta didik.
Dengan demikian tersedia waktu bagi peserta didik untuk memperoleh
kompetensi/materi baru, atau bekerja dalam proyek secara mandiri sesuai dengan
kemampuan masing-masing.
Remedial
Jika terdapat peserta didik yang
belum lancar membaca, menghafal, dan menulis serta belum mengetahui makna yang
terkandung dalam Surat al-Ma’un (Belum Mencapai KKM), guru memberikan kembali
contoh cara membaca, menulis, dan menghafal Surat al-Ma’un yang benar serta menjelaskan
kembali makna yang terkandung dalam Surat al-Ma’un. Selanjutnya, peserta didik
diminta mengikuti cara membaca, menghafal dan menulis yang benar dan
menirukannya secara berulang serta mempelajari kembali makna yang terkandung
dalam Surat al-Ma’un.
Kemudian, dilakukan penilaian
kembali sebagaimana yang terdapat pada poin 5. Pelaksanaan remedial dilakukan
pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam
pulang.
Interaksi Guru dengan Orang Tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan
kolom “aku hafal
Q.S. al-Maun”
kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Dapat juga dilakukan
dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung
dengan orang tua untuk bertukar infomasi. Selanjutnya orang tua mengamati
perkembangan kemampuan peserta didik dalam penguasaan bacaan, hafalan, tulisan,
dan pengetahuan peserta didik tentang makna Surat al-Ma’un di rumahnya.
Refleksi Guru :
Mengetahui, Kepala UPTD SPF SD Negeri Panggung 11 JULI AKHIR SETIYADI,
S.Pd. NIP. 19650731 198806 1 002 |
|
Tegal, 2 Januari 2021 Guru Mapel PAI & Budi Pekerti FAHMI TARIKHUDDIN,
S.Pd. NIP.
19920401 201902 1 007 |
MATERI QUR’AN SURAH AL-MAUN
Surat Al Maun tergolong
surat Makiyah, karena diturunkan di kota Mekah. Selain diturunkan di kota Mekah
surat Makiyah jg memiliki ciri-ciri lain seperti ayatnya pendek-pendek, berisi
tentang aqidah atau tauhid dan biasanya diawali dengan kata “ Yā ayyuhan nās”
Surat Al Maun
terdiri dari 7 ayat
Surat Al Maun
merupakan salah satu surat yang terdapat dalan Al Qur’an juz ke 30
Surat Al Maun
merupakan surat ke 107 dalam AlQur’an
Nama Al Maun
diambil dari ayat ke 7 yang artinya barang-barang yang berguna
Surat Al Maun
diturunkan setelah surat Al Quraisy.
Mari kita
belajar membaca surat Al Maun:
Ara’aital-lazī
yukażżibu bid-dīn.
Fa
żālikal-lazī yadu‘ul-yatīm.
Wa lā yaḥuḍḍu
‘alā ṭa ‘āmil-miskīn.
Fawailul
lil-mușallīn
Allażīna hum
‘an șalātihim sāhūn.
Allażīnahum
yurā‘ūn
Wa yamna‘ūn
al-māūn
Bacalah surat
Al Maun ayat 1 sampai 7 diatas secara berulang-ulang sampai bacaan kalian
lancar dan kalian hafal surat Al Maun.
Anak-anak yang
sholeh dan sholehah dalam membaca Al Qur'an harus dilakukan dengan benar.
0 Response to "RPP KELAS V Q.S. AL-MAUN"
Posting Komentar