Materi dan Pembelajaran PAI Tegal Timur

Materi dan Pembelajaran PAI Tegal Timur
Materi Pembelajaran PAI

RPP KELAS V Q.S. AL-MAUN

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah               :     UPTD SPF SD Negeri Panggung 11 Tegal

Mata Pelajaran              :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester          :     V (Lima) / 2

Materi Pokok                 :     Mari Belajar al-Qur'an Surat al-Ma’un

Alokasi Waktu               :     3 x 4 JP (3 x Pertemuan)

             Tanggal Pelaksanaan  :     …………………….

 

A.     KOMPETENSI INTI

KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.     KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1.1   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartīl.

2.1   Menunjukkan sikap kerjasama dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Maun.

3.1   Memahami makna Q.S. al-Maun dengan benar.

 

 

4.1.1 Membaca Q.S. al-Maun   dengan tartil.

4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Maun dengan benar.

4.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Maun dengan lancar.

 

§  Membaca Q.S. al-Maun dengan tartil.

§  Menunjukkan sikap kerjasama dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Maun.

§  Menjelaskan makna Q.S. al-Maun dengan benar.

§  Mengartikan kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Maun dengan benar.

§  Membaca Q.S. al-Maun dengan tartil.

§  Menuliskan kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Maun dengan benar

§  Menunjukkan hafalan Q.S. al-Maun dengan lancar.

 

 

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN

v  Dengan memperhatikan tayangan video Q.S. al-Maun dan contoh bacaan dari guru, peserta didik dapat membaca Q.S. al-Maun dengan tartil.

v  Dengan memperhatikan cara menulis surah yang benar dari guru, peserta didik dapat menuliskan kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Maun.

v  Dengan menirukan bacaan dan cara menghafal dari guru serta kolaborasi antar teman, peserta didik dapat menunjukkan hafalan Q.S. al-Maun.

v  Dengan kolaborasi antar teman kelompok dalam menyebutkan ayat beserta artinya. Peserta didik dapat mengartikan kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Maun dengan benar.

v  Dengan kolaborasi antar teman kelompok dalam memahami arti dari Q.S. al-Maun, peserta didik dapat menjelaskan makna Q.S. al-Maun dengan benar.

v  Dengan kolaborasi antar teman kelompok, peserta didik dapat menunjukkan sikap kerjasama dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Maun.

 

D.     MATERI PEMBELAJARAN

v  Membaca, menulis dan menghafal Q.S. al-Maun

v  Makna dan pengamalan Q.S. al-Maun

                             

E.     METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan     : Scientific

Model                : Cooperative Learning

Metode              : Diskusi, Eksplorasi dan Tanya Jawab

F.     MEDIA/ALAT DAN BAHAN

Media/alat                    : Laptop, LCD Proyektor, Video bacaan Q.S. al-Maun

Bahan                          : Kertas, Penggaris, Pensil, Spidol dan White board

Sumber Belajar           : Al-Qur’an dan Buku Juz ’Amma

Buku Guru Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas V,  Kemendikbud, Revisi 2017.

                                       Buku Siswa Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas V, Kemendikbud, Revisi 2017.

 

G.     SUMBER BELAJAR

v  Al-Qur’an dan Terjemahnya

v  Juz ’Amma

v  Buku Guru Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas V,  Kemendikbud, Revisi 2017.

v  Buku Siswa Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas V, Kemendikbud, Revisi 2017.

 

H.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

a.  Persiapan

 Pembelajaran dimulai dengan:

1)     Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius

2)     Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;

3)     Guru menyapa peserta didik;

4)     Guru mengajak peserta didik untuk tadarus bersama-sama dilanjutkan dengan membaca Nadhom Asmaul’ husna.

5)     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication

b.  Pelaksanaan

Sebelum masuk pada inti pembelajaran membaca, guru terlebih dahulu meminta agar peserta didik mencermati video bacaan Q.S. al-Maun.

Communication

10 menit

x 3 Pertemuan

Inti

A . Ayo Membaca Surat al-Maun

1)    Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan awal peserta didik, guru meminta beberapa peserta didik mendemonstrasikan bacaan Q.S. al-Ma’un. Mandiri

2)    Guru memberikan penguatan dengan menyampaikan secara singkat bagaimana cara membaca Q.S. al-Ma’un yang baik dan benar. Selanjutnya guru memberikan contoh bacaan yang baik dan benar. Communication

3)    Guru melafalkan secara berulang huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta didik diminta untuk menirukan pelafalan tersebut secara bersama. Selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik untuk melafalkannya dengan benar. Integritas

4)    Guru kembali memberikan contoh bacaan Q.S. al-Ma’un yang benar.

5)    Peserta didik menirukan bacaan Q.S. al-Ma’un bersama-sama, selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik untuk membacanya. Mandiri

Sikap Kebiasaanku, guru memotivasi peserta didik untuk melancarkan bacaan di antaranya dengan mendengarkan bacaan Q.S. al-Ma’un yang benar dari video bacaan Q.S. al-Maun. Kemudian meminta agar menirukannya secara berulang.

B. Ayo, Menghafal Surat al-Ma’un beserta artinya

1)    Guru melafalkan dengan cara menghafal Q.S. al-Ma’un dengan suara jelas ayat satu sampai dengan dua, diikuti seluruh peserta didik, sesekali meminta salah satu peserta didik untuk menghafalnya (lakukan sebanyak dua sampai tiga kali). Creativity and Innovation

2)    Mengikuti langkah poin satu, diteruskan ayat tiga sampai ayat empat, ayat lima sampai enam, dan ayat tujuh.

3)    Lakukan pola ayat satu sampai lima, (lakukan sebanyak dua-tiga kali).

4)    Diteruskan pola ayat enam sampai tujuh, (lakukan sebanyak dua-tiga kali).

5)    Pola terakhir ayat satu sampai dengan tujuh (satu surat utuh) diawali gurunya, kemudian diikuti peserta didik (lakukan sebanyak dua-tiga kali).

Bila belum hafal juga, dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah 1) s.d. 5). Bila sudah banyak yang hafal secara individual, peserta didik mendemonstrasikan hafalannya.

6)   Selanjutnya agar peserta didik dapat menghafal arti dari ayat Q.S. al-Maun, Guru membagi kedalam beberapa kelompok;

7)   Masing-masing kelompok membuat tulisan ayat Q.S. al-Maun beserta artinya pada masing-masing kertas yang disediakan oleh guru.

8)   Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dengan cara anggota kelompok menyebutkan ayat Q.S. al-Maun secara acak dan anggota kelompok lainnya menyebutkan arti ayat tersebut dengan benar. Kemudian bergantian dari masing-masing individu kelompok.

Critical Thinking and Problem Solving

Sikap Kebiasaanku

Peserta didik secara berpasangan (dengan teman kelompok masing-masing) menghafal surat al-Ma’un beserta artinya secara bergantian. Collaboration

C. Ayo, Menulis Surat al-Ma’un

1)    Guru menulis beberapa penggalan ayat Q.S. al-Ma’un pada papan tulis atau melalui media lainnya. Kemudian memberikan garis pada tulisan penggalan ayat tersebut untuk mengetahui posisi rangkaian masing-masing hurufnya. Critical Thinking and Problem Solving

2)    Pada saat yang bersamaan, peserta didik diminta untuk mencermati cara penulisannya.

3)    Guru menunjuk peserta didik secara bergantian untuk mempraktikkan penulisan beberapa penggalan ayat seperti yang sudah dicontohkan. Gotong Royong

4)    Guru meminta agar semua peserta didik menyalin beberapa penggalan ayat tersebut secara berulang pada buku tulis. Bila sudah banyak yang mampu menulis secara individual, peserta didik diminta untuk menyalin Q.S. al-Ma’un pada buku tulis masing-masing. Mandiri

Sikap Kebiasaanku

Pada bagian ini, peserta didik diminta menyalin penggalan kata Q.S. al-Ma’un secara individual pada buku tulis masing-masing. Mandiri

D. Makna Kandungan Surat al-Ma’un

1)    Setiap kelompok yang sudah dibagi, diminta untuk membaca Q.S. al- Maun dan mencermati artinya kembali.

2)    Peserta didik secara kelompok mendiskusikan mengapa surat ini diawali dengan pertanyaan “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?

3)    Selanjutnya, secara berkelompok peserta didik mendiskusikan sikap terpuji yang dapat diambil dari Q.S. al- Maun. Communication

4)    Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak serta memberikan tanggapan. Critical Thinking and Problem Solving

5)    Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut. Communication

115 menit x 3 Pertemuan

Penutup

v   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

v   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

v   Melakukan penilaian hasil belajar

v   Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius

15 menit

x 3 Pertemuan

 

 

I.       PENILAIAN

A. Ayo Membaca Surat al-Ma’un

Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu membaca Q.S. al-Ma’un. Rubrik Penilaian

 

Keterangan:

Lancar             : Bacanya lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendeknya benar.

Cukup lancar   : Bacanya lancar sebagian, panjang pendek bacaannya benar tetapi pengucapan hurufnya kurang sempurna.

Kurang lancar  : Bacanya tersendat-sendat, panjang pendeknya kurang sempurna.

Konversi dalam Bentuk Angka

lancar                            = 3 dan skor yang diperoleh 3/3 x 100 = 100

Cukup lancar               = 2 dan skor yang diperoleh 2/3 x 100 = 67

Kurang lancar              = 1 dan skor yang diperoleh 1/3 x 100 = 33

Catatan: perhatikan panjang dan pendeknya bacaan

B. Ayo, Menghafal Surat al-Ma’un

Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menghafal Q.S. al-Ma’un.

Rubrik Penilaian

Keterangan:

Lancar               : Hafalan lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendeknya benar.

Cukup lancar     : Hafalan lancar sebagian, panjang pendek bacaannya benar tetapi pengucapan hurufnya kurang sempurna.

Kurang lancar    : Hafalan tersendat-sendat, panjang pendeknya kurang sempurna

Konversi dalam Bentuk Angka

Lancar                           = 3 dan skor yang diperoleh 3/3 x 100 = 100

Cukup Lancar              = 2 dan skor yang diperoleh 2/3 x 100 = 67

Kurang Lancar            = 1 dan skor yang diperoleh 1/3 x 100 = 33

C. Ayo, Menulis Surat al-Ma’un

Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menulis Q.S. al-Ma’un

Rubrik Penilaian

Keterangan:

Baik             : Peletakan huruf dan harakatnya tepat, tulisannya jelas.

Cukup Baik  : Peletakan huruf dan harakatnya tepat tetapi tulisannya kurang jelas.

Kurang Baik : Peletakan huruf dan harakatnya tidak tepat, tulisannya kurang jelas

Konversi dalam Bentuk Angka

Baik                   = 3 dan skor yang diperoleh 3/3 x 100 = 100

Cukup Baik      = 2 dan skor yang diperoleh 2/3 x 100 = 67

Kurang Baik     = 1 dan skor yang diperoleh 1/3 x 100 = 33

D. Makna Kandungan Surat al-Ma’un

Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan rutin peserta didik melalui rubrik berikut.

Keterangan:

BT          = Belum terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).

MT         = Mulai terlihat (apabila peserta didik sudah memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator namun belum konsisten).

MB         = Mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).

MK         = Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).

Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam membaca, menghafal, menulis dan mengetahui makna Q.S. al-Ma’un sebagai berikut.

• Tugas

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas.

Tugas ini terdiri atas sepuluh soal. Masing-masing soal mempunyai bobot nilai 10, sehingga total nilai keseluruhannya adalah 100.

1. Surat Al Maun tergolong surat Makiyah, Makiyah artinya ….

2. Ciri-ciri surat Makiyah adalah....

3. Surat al Maun merupakan surat ke .... dalam Al Qur'an

4. Nama surat Al Maun diambil dari kalimat pada ayat ke ….

5. Arti dari Al Maun adalah ….

6. Surat Al Maun berjumlah … ayat

7. Surat Al Maun ayat ke 5 adalah ….

8.  Ayat disamping merupakan ayat ke …

9.  Hukum tajwid pada kata yang bergaris bawah adalah ….

10.Contoh dari hukum bacaan ikhfa hakiki adalah ....

Guru dapat membuat rubrik dan penskorannya untuk masing-masing soal sama, yaitu sebagai berikut.

RUBRIK PENILAIAN JUMLAH 10 SOAL

1.      BETUL POINT 10

2.      BETUL POINT 10

3.      BETUL POINT 10

4.      BETUL POINT 10

5.      BETUL POINT 10

6.      BETUL POINT 10

7.      BETUL POINT 10

8.      BETUL POINT 10

9.      BETUL POINT 10

10.  BETUL POINT 10

• Tugas Kelompok

Pada tugas ini guru dapat memberikan penilaian melalui rubrik sebagai berikut.

Rubrik Penilaian

Keterangan:

Baik                : Hasil penyampaian runtun, relevan, dan jelas.

Cukup Baik   : Hasil penjelasan runtun, relevan, namun kurang jelas.

Kurang Baik : Hasil penjelasan kurang runtun, kurang relevan, dan kurang jelas.

Konversi dalam Bentuk Angka

lancar                         = 3 dan skor yang diperoleh 3/3 x 100 = 100

Cukup Baik               = 2 dan skor yang diperoleh 2/3 x 100 = 67

Kurang Baik              = 1 dan skor yang diperoleh 1/3 x 100 = 33

Pengayaan

Bagi peserta didik yang telah melampaui ketuntasan belajar atau KKM sebelum waktu yang telah ditentukan dapat diberikan pengayaan melalui berbagai aktivitas, antara lain sebagai berikut:

·         Mendampingi temannya (tutor sebaya) melancarkan bacaan, hafalan, dan tulisan Q.S. Al-Maun;

·         Belajar kelompok, yaitu sekelompok peserta yang memiliki minat membaca, menulis, menghafal, dan mengetahui makna ayat-ayat atau surat-surat al-Qur'an tertentu yang diberikan pembelajaran bersama pada jam-jam pelajaran sekolah;

·         Belajar mandiri, yaitu secara mandiri peserta belajar mengenai bacaan, tulisan, hafalan, atau pengetahuan tentang ayat-ayat atau surat-surat al-Qur'an yang diminati.

Pembelajaran berbasis tema, yaitu memadukan beberapa konten ayat-ayat atau surat-surat al-Qur'an pada tema tertentu sehingga peserta didik dapat mempelajari hubungan antara ayat-ayat atau surat-surat al-Qur'an.

Pemadatan kurikulum, yaitu pemberian pembelajaran hanya untuk kompetensi/materi yang belum diketahui peserta didik. Dengan demikian tersedia waktu bagi peserta didik untuk memperoleh kompetensi/materi baru, atau bekerja dalam proyek secara mandiri sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Remedial

Jika terdapat peserta didik yang belum lancar membaca, menghafal, dan menulis serta belum mengetahui makna yang terkandung dalam Surat al-Ma’un (Belum Mencapai KKM), guru memberikan kembali contoh cara membaca, menulis, dan menghafal Surat al-Ma’un yang benar serta menjelaskan kembali makna yang terkandung dalam Surat al-Ma’un. Selanjutnya, peserta didik diminta mengikuti cara membaca, menghafal dan menulis yang benar dan menirukannya secara berulang serta mempelajari kembali makna yang terkandung dalam Surat al-Ma’un.

Kemudian, dilakukan penilaian kembali sebagaimana yang terdapat pada poin 5. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang.

Interaksi Guru dengan Orang Tua

Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “aku hafal Q.S. al-Maun” kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk bertukar infomasi. Selanjutnya orang tua mengamati perkembangan kemampuan peserta didik dalam penguasaan bacaan, hafalan, tulisan, dan pengetahuan peserta didik tentang makna Surat al-Ma’un di rumahnya.

Refleksi Guru :

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala UPTD SPF SD Negeri Panggung 11

 

 

 

JULI AKHIR SETIYADI, S.Pd.

NIP. 19650731 198806 1 002

 

 

Tegal, 2 Januari 2021

Guru Mapel PAI & Budi Pekerti

 

 

 

FAHMI TARIKHUDDIN, S.Pd.

NIP. 19920401 201902 1 007  

 

 

MATERI QUR’AN SURAH AL-MAUN

 

Surat Al Maun tergolong surat Makiyah, karena diturunkan di kota Mekah. Selain diturunkan di kota Mekah surat Makiyah jg memiliki ciri-ciri lain seperti ayatnya pendek-pendek, berisi tentang aqidah atau tauhid dan biasanya diawali dengan kata “ Yā ayyuhan nās”

Surat Al Maun terdiri dari 7 ayat

Surat Al Maun merupakan salah satu surat yang terdapat dalan Al Qur’an juz ke 30

Surat Al Maun merupakan surat ke 107 dalam AlQur’an

Nama Al Maun diambil dari ayat ke 7 yang artinya barang-barang yang berguna

Surat Al Maun diturunkan setelah surat Al Quraisy.

Mari kita belajar membaca surat Al Maun:


 

 

Ara’aital-lazī yukażżibu bid-dīn.

 


Fa żālikal-lazī yadu‘ul-yatīm.

 


Wa lā yaḥuḍḍu ‘alā ṭa ‘āmil-miskīn.


 

Fawailul lil-mușallīn


 

Allażīna hum ‘an șalātihim sāhūn.

 


Allażīnahum yurā‘ūn


 

Wa yamna‘ūn al-māūn

Bacalah surat Al Maun ayat 1 sampai 7 diatas secara berulang-ulang sampai bacaan kalian lancar dan kalian hafal surat Al Maun.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah dalam membaca Al Qur'an harus dilakukan dengan benar.

 

0 Response to "RPP KELAS V Q.S. AL-MAUN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel