Materi dan Pembelajaran PAI Tegal Timur

Materi dan Pembelajaran PAI Tegal Timur
Materi Pembelajaran PAI

RPP - KETELADANAN NABI YUNUS A.S.

 


PEMERINTAH KOTA TEGAL

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

UPTD SPF SD NEGERI KEJAMBON 2

KECAMATAN TEGAL TIMUR

Alamat : Jl. Menteri Supeno No. 2 Kejambon Kota Tegal

================================================

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah                    :    SDN Kejambon 2

Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                   :    VI / 2

Materi Pembelajaran         :    Kisah Keteladanan Nabi Yunus A.s.                       

Alokasi Waktu                    :   2 X 4 Jam Pelajaran (  2 Pertemuan )

 

A.      Kompetensi Inti

KI-1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

KI-2    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

KI-3    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

KI-4    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No.

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.

1.8   Meyakini kebenaran kisah Nabi Yunus A.s.

1.8.1        Meyakini kebenaran kisah Nabi Yunus A.s.

2.

2.8   Menunjukkan sikap tanggung jawab sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Yunus A.s.

2.8.1        Menunjukkan perilaku tanggung jawab

2.8.2        Menunjukkan sikap disiplin

2.8.3        Menunjukkan sikap percaya diri

2.8.4        Menunjukkan sikap peduli

3.

 

3.8   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yunus A.s.

3.8.1        Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Yunus A.s.

3.8.2        Menyebutkan sifat-sifat terpuji yang dimiliki Nabi Yunus A.s.

3.8.3        Menjelaskan kelebihan yang dimiliki Nabi Yunus A.s.

4.

4.8   Menceitakan kisah keteladanan Nabi Yunus A.s.

4.8.1        Menceritakan Kisah Nabi Yunus A.s.

 

C.    Tujuan Pembelajaran

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

6

Dengan menyimak tayangan dan keterangan guru, peserta didik mampu memiliki sikap yakin terhadap teladan Nabi Yunus A.s. dengan baik.

Dengan mendengar arahan dari guru peserta didik akan mampu memiliki perilaku tanggung jawab, disiplin, percaya diri, dan peduli dengan baik.

Dengan berdiskusi dan mendengar arahan guru peserta didik mampu menjelaskan keteladanan Nabi Yunus A.s. dengan benar.

Dengan berdiskusi dan mendengar arahan guru peserta didik mampu menyebutkan sifat-sifat terpuji Nabi Yunus A.s. dengan benar.

Dengan berdiskusi dan mendengar arahan guru peserta didik mampu menjelaskan kelebihan yang dimiliki Nabi Yunus A.s. dengan benar

Dengan berdiskusi dan mendengar arahan guru peserta didik mampu menceritakan keteladanan Nabi Yunus A.s. dengan benar

 

D.    Materi Pembelajaran

Kisah Nabi Yunus A.s. dapat dilihat pada buku kisah 25 nabi dan Rasul

 

E.     Metode Pembelajaran

1.    Pendekatan Scientific

2.    Strategi Cooperative Learning

3.    Metode : Diskusi, Eksplorasi, Tanya Jawab, Model RRT

 

F.     Media Pembelajaran

1.      Video tentang Kisah Keteladanan Nabi Yunus As.

2.      Tulisan nama-nama Rasul

3.      Power Point

 

G.    Sumber belajar

1.      Al-Qur’an dan Tarjamahnya

2.      Lingkungan Sekitar

3.      Ghozaly, Faisal dkk. 2014. Buku Guru Kelas 6 : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

4.      Ghozaly, Faisal dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 6 : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

H.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama = 4 Jam Pelajaran

No.

Kegiatan

Waktu

1.

Pendahuluan

a.     Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

b.     Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya).

c.     Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

d.    Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi Kisah keteladanan Nabi Yunus A.s.

e.     Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai peserta didik

f.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi dan mengomunikasikan.

g.     Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/white board, potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca atau gambar), jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).

 

 

20 menit

2.

Kegiatan Inti

     Menyimak kisah keteladanan Nabi Yunus A.s.

     Mengamati isi kisah keteladanan Nabi Yunus A.s. yang perlu  diteladani (diimplementasikan).

     Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Yunus A.s. 

     Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikap Nabi Yunus A.s. yang hendak diteladani.

     Guru mengenalkan materi kisah keteladanan Nabi Yunus A.s. melalui presentasi kelas.

(Model Reading Rolling Text)

     Peserta didik membentuk kelompok secara heterogen terdiri atas 5-6 anak.

     Guru menjelaskan tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan.

     Setiap kelompok mempersiapkan anggotanya supaya dapat bekerja sesuai dengan fungsinya

     Setiap kelompok bekerja mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Yunus A.s. (mengidentifikasi).

     Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Yunus A.s.

     Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Yunus A.s.

     Semua kelompok melakukan game yang dirancang untuk menguji pengetahuan mengenai materi yang diperoleh dari pelaksanaan presentasi dikelas dan pelaksanaan kerja tim.

     Turnament yang dilaksanakan sesuai dengan kondisi atau kebutuhan. Dapat dilaksanakan pada akhir pertemuan setelah materi telah selesai.

     Team Recognize (Penghargaan kelompok). Penghargaan diberikan sesuai dengan kesepakatan, sebagai motivasi peserta didik baik secara individu ataupun secara tim.

     Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Yunus A.s.   dengan perilaku warga sekolah sehari-hari. 

     Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Yunus A.s. secara individu.

     Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Yunus A.s.

     Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.

100

menit

3.

Penutup

a.       Guru dapat menanyakan apakah peserta didik sudah memahami materi tersebut

b.      Di bawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran

c.       Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya

d.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran

e.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok (dalam bentuk pembelajaran remedialal, program pengayaan) bagi peserta didik yang belum faham tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

f.       Guru memberikan tugas kepada peserta didik terkait materi yang telah diajarkan

g.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

 

 

20

 menit

 

I.       Penilaian Hasil Belajar

1.    Sikap spiritual

     (Observasi)

2.    Sikap sosial

(Observasi)

3.    Pengetahuan

1)   Teknik Penilaian     : Tes tertulis

2)   Bentuk Instrumen   : Terlampir

4. Keterampilan

1)    Teknik Penilaian    : Unjuk kerja

2)    Bentuk Instrumen  : Terlampir

 

 

Mengetahui,

Kepala UPTD SPF SD Negeri Kejambon 2

 

  

Rahadiyanto, S.Pd

NIP. 196208071982011006

Tegal,     Januari 2021

 

Guru PAI dan Budi Pekerti

 

  

Muflihul Huda, S.ag

NIP.  197704262005011002

 

 

 LAMPIRAN 1

 Materi Pembelajaran

KISAH KETELADANAN NABI YUNUS A.S.

 

Nabi Yunus a.s. hidup tahun 820-750 SM. Nabi Yunus a.s. tinggal di Ninawa, Maushil, dekat sungai Tigris, Iraq. Nama Yunus disebut dalam Al-Qur’an sebanyak enam kali dan diabadikan sebagai nama surah dalam Al-Qur’an, yakni surah Yunus. Ibunya bernama Matta dari keturunan Bunyamin bin Ya’qub bin Ishak bin Ibrahim.

Allah Swt. mengutus Nabi Yunus a.s. untuk berdakwah kepada penduduk Ninawa, dan menyampaikan ancaman akan azab Allah Swt. bagi kaumnya yang ingkar. Namun sikap kaumnya tidak berubah dan tetap menyembah berhala yang bernama Isytar. Nabi Yunus a.s. marah dan pergi meninggalkan kaumnya. Ia berdoa kepada Allah Swt. agar menurunkan azab kepada kaum Ninawa. Sebagaimana dijelaskan dalam surah al-Anbiya  ayat 87 sampai 88.

Kemudian Allah Swt. akan menurunkan azab kepada kaumnya yang ditandai dengan awan hitam dan keadaan di sekeliling menjadi gelap. Kaum Nabi Yunus a.s. ketakutan  dan menyadari kebenaran Nabi Yunus a.s. Kaumnya bersujud dan bertobat dengan memohon keselamatan kepada Allah Swt. Allah Swt. mengampuni dan menerima tobat mereka sehingga kaum Niwana diselamatkan dari azab Allah Swt.

Sementara itu, Nabi Yunus a.s. dengan hati yang gundah terus berkelana. Hingga pada suatu saat, Nabi Yunus a.s berlayar dan menaiki sebuah perahu, tetapi ketika di tengah lautan, perahu tersebut bergoyang diterpa ombak. “Pasti di antara kita ada yang berdosa” ujar salah seorang penumpang. Perahu tersebut kelebihan muatan. Untuk mengatasi masalah ini, salah seorang di antara mereka harus dibuang ke laut. Mereka sepakat untuk mengundi siapa yang akan dibuang ke laut. Setelah tiga kali pengundian, nama Nabi Yunus a.s. yang selalu keluar. Penumpangpun menjadi heran, mengapa nama Nabi Yunus a.s. yang selalu keluar. Maka Nabi Yunus a.s. menceritakan kisah dirinya yang pergi meninggalkan kaumnya.

Sesuai perjanjian, Nabi Yunus a.s. dibuang ke laut untuk menyelamatkan penumpang lain. Nabi Yunus a.s. menerima hal ini sebagai hukuman atas ketidaksabarannya menghadapi kaumnya serta lari dari tanggung jawab untuk berdakwah. Atas izin Allah Swt. tiba-tiba seekor ikan yang sangat besar menelan Nabi Yunus a.s. dan membawanya berenang mengarungi ombak samudra dan sampai ke dasar laut. Selama di dalam perut ikan Nabi Yunus a.s. selalu berzikir kepada Allah Swt. Ikan memuntahkan Nabi Yunus a.s. hingga akhirnya ia terdampar di sebuah pantai yang tandus. Nabi Yunus a.s. bersyukur atas keselamatannya, dan bertobat kepada Allah Swt. kemudian kembali kepada kaumnya yang telah beriman dan diselamatkan oleh Allah Swt.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN 2

 

Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)

Pedoman Observasi Sikap Spiritual

Petunjuk :

Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik.

Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

4 =

selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3 =

sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 =

kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

1 =

tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

Nama Peserta Didik      : ……………..

Kelas                                          : ……………..

Tanggal Pengamatan     : ………..……

Sikap yang dinilai                      :  Spritual

 

No

Aspek Pengamatan

Skor

1

2

3

4

1

Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar

 

 

 

 

2

Terbiasa bersyukur bisa mengikuti pembelajaran sampai selesai

 

 

 

 

3

Terbiasa mendirikan salat fardu 5 waktu

 

 

 

 

4

Terbiasa menghormati teman

 

 

 

 

Jumlah Skor yang diperoleh

 

 

 

Rubrik Penilaian

Keterangan

Konversi Nilai

Nilai

Nilai Akhir

4 = Sangat Baik

3 = Baik

2 = Cukup

1 =  Kurang

A = 10  ( 7,6 – 10 )

B  = 7,5 ( 5,1 – 7,5)

C  = 5,0 ( 2,6- 5,0 )

D  = 2,5 ( 0,1 – 2,5)

Skor yang diperoleh

…………….. X  100  = …..                                     

Skor maksimal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN 3

 

Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)

Pedoman Observasi Sikap Sabar

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut

4 =

selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3 =

sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 =

kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

1 =

tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

a.       No.

Nama

 

Disiplin 

Percaya diri

Kerja sama

Peduli

4

3

2

1

4

3

2

1

4

3

2

1

4

3

2

1

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

No.

Sikap yang diamati

Kriteria

4

3

2

1

1.

Disiplin (Disiplin dalam melaksanakan semua kegiatan)

Selalu Disiplin dalam melaksanakan semua kegiatan

 

Pernah tidak Disiplin dalam melaksanakan semua kegiatan

Sering tidak Disiplin dalam melaksanakan semua kegiatan

Selalu tidak Disiplin dalam melaksanakan semua kegiatan

 

2.

Percaya diri (Berani minta maaf apabila berbuat salah)

Dengan sukarela Berani minta maaf apabila berbuat salah

Berani minta maaf apabila berbuat salah

Berani minta maaf apabila berbuat salah setelah disuruh

Tidak Berani minta maaf apabila berbuat salah

 

3.

Kerjasama (Gotong royong membersihkan lingkungan)

Selalu melakukan Gotong royong membersihkan lingkungan

Sering melakukan Gotong royong membersihkan lingkungan

Sesekali melakukan Gotong royong membersihkan lingkungan

Tidak pernah melakukan Gotong royong membersihkan lingkungan

 

3.

Peduli (Menolong orang yang membutuhkan)

Selalu Menolong orang yang membutuhkan

Sering Menolong orang yang membutuhkan

Kadang-kadang Menolong orang yang membutuhkan

Tidak pernah Menolong orang yang membutuhkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN 4

Instrumen Penilaian Pengetahuan

 

Nama Siswa                : ……………………….

Kelas/ Semester           : VI/2

Teknik Penilaian          : Tes tertulis

Penilai                         : Guru

 

No

Indikator

Butir Intrumen

Skor Maksimal

1

3.8.1        Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Yunus A.s.

Jelaskan dengan singkat kisah teladan Nabi Yunus A.s.!

20

2

 

Apa yang disampaikan Nabi yunus A.s. kepada kaumnya?

20

3

3.8.2        Menyebutkan sifat-sifat terpuji yang dimiliki Nabi Yunus A.s.

Sebutkan 2 perilaku terpuji yang dimiliki Nabi Yunus A.s.!

20

4

 

Bagaimana sikap Nabi Yunus A.s. menghadapi kaumnya yang sulit diajak menyembah kepada Allah Swt?

20

5

3.8.3        Menjelaskan kelebihan yang dimiliki Nabi Yunus A.s.

Jelaskan kelebihan yang dimiliki oleh Nabi Yunus A.s.!

20

Total skor

100

 

 

 

 

Penskoran:

Skor setiap soal = 20

Nilai akhir = Perolehan skor x 100

                       Skor maksimal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN 5

Instrumen Penilaian Keterampilan

 

Nama Siswa                : ……………………….

Kelas/ Semester           : VI/2

Teknik Penilaian          : Praktik/Unjuk kerja

Penilai                         : Guru

 

 

No

Indikator

Butir Intrumen

Skor Maksimal

1

4.8   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus A.s.

Buatlah cerita tentang keteladanan Nabi Yunus A.s.!

Ceritakan kisah Keteladanan Nabi Yunus A.S.!

100

 

 

Rubrik Penilaian

No.

Kompetensi

Kriteria

Sangat baik

Baik

Kurang baik

Tidak baik

1.

Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus A.S.

 

 

 

 

 

Jumlah Skor

 

Keterangan

Nilai

Nilai akhir

Sangat Baik  = 4

Baik              = 3

Kurang Baik = 2

Tidak Baik     = 1

Membaca

Skor yang diperoleh

…………..X  100  =   ……..

Skor maksimal

 

Catatan Kriteria

Sangat Baik

Baik

          

Kurang Baik

Tidak Baik  

:

:

 

:

:

Apabila dapat menceritakan dengan lancar, runtut, dan lengkap.

Apabila dapat menceritakan dengan lancar, runtut tapi kurang lengkap

Apabila dapat menceritakan kurang lancar, tidak runtut

Apabila menceritakan tidak lancar, tidak runtut dan tidak lengkap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 Response to "RPP - KETELADANAN NABI YUNUS A.S."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel