Materi dan Pembelajaran PAI Tegal Timur

Materi dan Pembelajaran PAI Tegal Timur
Materi Pembelajaran PAI

AKU CINTA NABI DAN RASUL

 AKU CINTA NABI DAN RASUL









KISAH KETELADANAN NABI AYYUB A.S.


KOMPETENSI DASAR
3.16 Memahami kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
4.16 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.


TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
1. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
2. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.


KEGIATAN AWAL

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Apa kabar anak-anak?”. semoga semua sehat selalu. Mari kita berdoa bersama terlebih dahulu sebelum pembelajaran hari ini kita mulai.
Doa mau belajar





Anak-anak tujuan pembelajaran hari ini yakni peserta didik mengetahui kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s., dan mampu menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.


KEGIATAN INTI

Nabi Ayyub a.s. adalah keturunan Nabi Ishaq a.s. bin Ibrahim a.s. Beliau adalah seorang nabi yang kaya raya. Binatang ternaknya banyak. Sawah ladangnya luas. Akan tetapi, beliau tidak pernah sombong. Nabi Ayyub a.s. terkenal sabar dan dermawan. Suka menolong fakir miskin, yatim-piatu, dan orang-orang yang membutuhkan. Nabi Ayyub a.s. pernah mendapat ujian dari Allah SWT. Hartanya yang banyak langsung lenyap sehingga ia jatuh miskin. Walaupun miskin, ia tidak mengemis, imannya tidak goyah karena ia ingat bahwa ketika lahir ke dunia tidak mempunyai apa-apa. Harta datang dari Allah dan kembalinya pun kepada Allah. Karena imannya kuat, setan tak mampu menggodanya. Kaya atau miskin merupakan ujian bagi manusia.


Nabi Ayyub a.s., baik ketika kaya raya atau ketika miskin senantiasa taat kepada Allah, selalu bersyukur. Bahkan ketika ia jatuh miskin, harta yang ada selalu ia sedekahkan. Ia yakin, bahwa orang miskin yang bersedekah lebih mulia di sisi Allah Swt. Sebaliknya, orang kaya yang kikir adalah yang paling hina di sisi Allah SWT.
Setelah itu, anak-anaknya meninggal dunia. Sekali pun musibah silih berganti, tetapi tidak membuat dirinya lupa beribadah dan memuji Allah SWT. Kemudian, Nabi Ayyub a.s. diuji dengan penyakit parah sehingga orang-orang menjauhinya. Bahkan, mereka membuang Nabi Ayyub a.s. ke tempat yang jauh dari keramaian penduduk karena takut tertular penyakit.

Setelah delapan belas tahun sakit, dan penyakitnya mulai menggangunya dalam beribadah, Nabi Ayyub a.s. pun berdoa kepada Allah:



Supaya lebih jelas memahami materi kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s., mari anak-anak kita bersama-sama perhatikan tayangan video tentang kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s. Namun sebelum menyimak video pembelajaran, tolong siapkan buku, kertas folio bergaris dan alat tulis lainnya. Selamat menyimak tayangan video ini:





Sudah lebih jelas kan setelah melihat tayangan video Kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s ?


KEGITAN PENUTUP

Demikian materi hari ini. Semoga  anak-anak sudah memahami tentang Kisah Keteladanan Nabi Ayyub a.s. Pada pertemuan selanjutnya kita akan belajar tentang Kisah keteladanan Nabi Musa a.s. Semoga yang kita pelajari hari ini bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Mari kita tutup pelajaran hari ini dengan bacaan hamdalah bersama-sama.
Alhamdulillahi robbil'alamiin.

Wallahul muwaffiq ila aqwamit-tharieq.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


PENILAIAN


  1. Ceritakan kisah Nabi Ayyub a.s berupa tulisan di folio bergaris! Atau sesuai ketentuan dari guru.
  2. Tuliskan minimal lima teladan dari kisah Nabi Ayyub a.s?
Setelah semua tugas selesai, hasilnya di foto dan dikirimkan kepada Bapak atau Ibu Guru PAI melalui WhatsApp atau media lain yang ditentukan oleh guru. Selamat mengerjakan tugas. Tetap semangat.

0 Response to "AKU CINTA NABI DAN RASUL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel